Tentang KEDAULATAN

Posted by Willy Juanggo 21/04/09 6 komentar



Secara etimologis kedaulatan berasal dari bahasa Arab, Daulat yang bearti kekuasaan atau dinasti pemerintahan. Selain itu dari bahasa Latin yakni, Supremus yang artinya tertinggi. Kemudian kata tersebut disamakan artinya dengan Sovranita (Bahasa Italia) atau Souverenigntu (Bahasa inggris). Jadi kedaulatan berarti kekuasaan tertinggi pada suatu Negara atau kekuasaan yang tidak terletak di bawah kekuasaan Negara lain.

Menurut Jean Bodin (1530- 1596) menyatakan pengertian kedaulatan ada dua macam yaitu :
  1. Kedaulatan ke dalam (intern) artinya Negara berhak mengatur urusan rumah tangganya m,elalui lembaga Negara tanpa campur tangan Negara lain. Contoh : mengatur pajak, pemilu, pembangunan dan sebagainya.
  2. Kedaulatan ke luar (ekstern) artinya kebijaksanaan pemerintah untuk mengadakan hubungan atau kerja sama dengan Negara lain (hubungan internasional). Adapun prinsip-prinsip yang harus dilakukan dalam mengadakan hubungan internasional dengan Negara lain adalah :
    • Souverighn : Pengakuan persamaan derajat sebagai Negara merdeka
    • Resiprositas : Timbal balik yang saling menguntungkan
    • Courtesy : Saling menjaga kehormatan antar Negara
    • Pacta Sunt Servanda : Mentaati dan melaksanakan perjanjian yang disepakati.
    • Tidak mencampuri urusan dalam negera lain.

Mengadakan hubungan internasional dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya adalah dengan melalui perwakilan diplomatic, yakni perwakilan resmi dari suatu Negara yang terdapat di Negara lain. Perwakilan diplomatic terdiri dari duta, konsul dan atase. Duta adalah perwakilan di Negara lain yang mengurusi bidang politik dan pemerintahan. Konsul merupakan perwakilan di Negara lain yang mengurusi bidang ekonomi dan perdagangan. Sedangkan Atase adalah utusan khusus dari suatu urusan tertentu, misalnya atse kesenian, atse olah raga dan sebagainya. Selain hal yang tersebut di atas contoh lain dari hubungan internasional dari suatu Negara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan traktat atau perjanjian, baik bilateral maupun multirateral, Membentuk lembaga regional dan internasional dengan Negara lain misalnya, ASEAN, OPEC, APEC, PBB dan sebagainya.

Sifat Kedaulatan

Sifat-sifat kedaulatan antara lain :

  1. Permanen, artinya kedaulatan tetap ada sepanjang Negara berdiri. Walaupun pemerintahan yang memegang kedaulatan/ kekuasaan berganti tetapi kedaulatan tetap ada.
  2. Absolut, artinya Negara tidak ada kekuasaan yang lebih tinggi dari Negara tersebut.
  3. Bulat, artinya hanya ada satu Negara meliputi setia orang dan golongan yang berada dalam Negara tanpa ada kecualinya.

Macam dan jenis kedaulatan

  1. Kedaulatan Tuhan

Bahwa kekuasaan suatu Negara berasal dari tuhan. Pemegang pemerintahan/ raja-raja memperoleh kedaulatan dari Tuhan. Tokoh penganut teori ini di antaranya Kaisar Tenoo Heika, Julius Stal, Thomas Aquino dan Hegel. Teori ini dapat menimbulkan Negara monarki kerajaan dimana kekuasaan Negara sentralistis atau terpusat pada raja.

  1. Kedaulatan Negara

Bahwa kekuasaan berasal dari Negara, sebab adanya Negara adalah kodrat alam. Pada pelaksanaannya penguasalah yang memegang kekuasaan Negara sehingga dapat menimbulkan pemerintahan yang otoriter misalnya pada zaman Mussolini di Italia, Hitler di Jerman dan sebagainya. Tokoh teori ini adalah Paul Laband dan Jellineck.

  1. Kedaulatan Raja

Bahwa kekuasaan tertinggi ada pada raja dan keturunannya, sehingga segala macam dan bentuk pemerintahan bergantung pada penguasa tertinggi yaitu raja. Sebagai contoh di Perancis pada masa pemerintahan Raja Louis XVI dengan semboyannya I’etat cast Moi (Negara adalah Saya). Tokoh yang menganut teori ini adalah Machiavelli.

  1. Kedaulatan Rakyat
Teori Kedaulatan Rakyat (Volks aouvereiniteit), semua kekuasaan dalam suatu negara didasarkan pada kekuasaan rakyat (bersama). J.J. Rousseau (Perancis) menyatakan apa yang dikenal dengan “kontrak sosial”, suatu perjanjian antara seluruh rakyat yang menyetujui Pemerintah mempunyai kekuasaan dalam suatu negara.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tentang KEDAULATAN
Ditulis oleh Willy Juanggo
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://wierfy.blogspot.com/2009/04/tentang-kedaulatan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

6 komentar:

ANTON mengatakan...

penjelasan tentang kedaulatan rakyatnya mana mas Willy Juanggo

Adixczz mengatakan...

hehe mampir ^_^

coretan mengatakan...

makasih infonya....tapi sama yang aku pelajari lebih banya ya artikelnya

gustiro mengatakan...

kedaulatan rakyat.a mna mass

Willy mengatakan...

Maaf, kemaren lupa memposting, kira2 ini penjelasan mengenai kedaulatan rakyat..

KeroKeropi mengatakan...

Thanks untuk Informasinya :)

Poskan Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar ya!!!

Modified by Willy Juanggo

Recent Posts

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Follower