Tips Puasa Sehat dan Semangat

Posted by Willy Juanggo 19/02/12 0 komentar

Tips Puasa Sehat dan Semangat-Wierfy
Tanpa disangka Bulan penuh barokah,bulan penuh ampunan Tinggal menghitung jari lagi,hari-hari menjelang puasa sangat dinanti Bagi kita Umat muslim seluruh Dunia ini.

Harum semerbak bulan nan suci Tinggal menghitung hari lagi Berbagai setrategi Mulai disusun agar tidak Kehilangan satu haripun Pahala Puasa yang akan kita jalani.
Lalu apakah Sudah kita mempersiapkan Tips Agar Puasa sehat dan Semangat,Yuk sama-sama kita Amalkan tips puasa dari ilmuini :

Jangan Tinggalkan SAHUR, Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Romadhan yang sangat disarankan, dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa “Bersabda Rasulullah SAW: “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”. Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa?. Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis

Tinggalkan Untuk meminum Kopi saat Sahur Hal ini disebabkan Kopi dapat menyebabkan Kita dehidrasi atau cepat Haus(Tidak percaya silahkan Coba, :D )

Makanlah Kurma dan minum madu jika ada,Pada saat pertama berbuka Puasa, Karena Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Hindari makanan berat seperti nasi pada waktu berbuka, namun laksanakan sholat Maghrib terlebih dahulu baru makan.

Jika bisa Hindari Untuk meminum ES saat berbuka Puasa Karena menyebabkan Peredaran darah tidak Optimal(walau kadang saya juga minum Es, Jangan ditiru ya :D )

Kurangi k o n s u m s i m a k a n a n berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam)

BEROLAH RAGALAH, Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga.

Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran

Kurangi merokok selama bulan Ramadhan bagi yang perokok agar kondisi stamina tubuh tetap terjaga

Kendalikan emosi. Rasulullah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah memanajemen emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai

Tidur yang cukup akan membuat badan selalu fit saat melaksanakan puasa esok hari
Selalu berpikir positi, Positif Thinking Men...
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Puasa Sehat dan Semangat
Ditulis oleh Willy Juanggo
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://wierfy.blogspot.com/2012/02/tips-puasa-sehat-dan-semangat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar ya!!!

Modified by Willy Juanggo

Recent Posts

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Follower